Topik yang menjadi perhatian pemerintah Indonesia saat ini adalah polusi udara yang semakin memprihatinkan, terutama di wilayah DKI Jakarta. Salah satu wacana yang diusulkan agar polusi udara dapat berkurang adalah dengan menerapkan sistem kerja WFH dan hybrid working. Ada beberapa rekomendasi tools untuk WFH dan hybrid working yang bisa dipilih agar Anda tetap produktif saat bekerja.
Insight Arvis kali ini ingin mengajak Anda mengenal lebih dalam tentang sistem kerja WFH dan hybrid working. Cek juga beberapa rekomendasi tools untuk WFH dan hybrid working selengkapnya di sini.
Polusi Udara di Jakarta yang Memprihatinkan
Menurut CNN Indonesia, situs pemantau kualitas udara IQAir memperlihatkan bahwa kualitas udara di Jakarta berada dalam kategori yang tidak sehat. Pada tanggal 15 Agustus 2023 pukul 06.00 WIB, indeks kualitas udara (AQI) di Jakarta berada di angka 170 atau masuk dalam kategori tidak sehat dengan polusi udara PM2.5.
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Rapat Terbatas di Istana Kepresidenan pada hari Senin tanggal 14 Agustus mengeluarkan beberapa arahan agar polusi udara di Jakarta dapat dikurangi. Salah satu arahan tersebut yaitu mempertimbangkan opsi bekerja working from home (WFH) atau hybrid working untuk para pekerja di DKI Jakarta.
Apa Itu WFH dan Hybrid Working?
Sistem kerja WFH atau hybrid working sudah lama dikenal sejak era pandemi COVID-19. WFH atau working from home adalah sistem kerja dimana para pekerja bekerja dari rumah tanpa perlu datang ke kantor. Sedangkan hybrid working adalah kombinasi bekerja di kantor (work from office) dan bekerja di rumah.
Baik itu WFH atau hybrid working, Anda membutuhkan tools atau aplikasi pendukung untuk menunjang aktivitas kerja agar tetap lancar. Berikut ini beberapa rekomendasi tools untuk WFH dan hybrid working yang bisa Anda pertimbangkan untuk digunakan.
10 Rekomendasi Tools untuk WFH dan Hybrid Working
Dilansir dari situs Niagahoster dan beberapa sumber lainnya, berikut ini beberapa rekomendasi tools untuk WFH dan hybrid working:
Communication Tools
1. Google Chat
Fitur terkenal dari Google yang satu ini merupakan sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk mengirimkan pesan, gambar, dan juga video. Tidak hanya antar individu, Google Chat juga dapat digunakan bagi grup dan bisnis untuk berkolaborasi secara online. Itulah mengapa aplikasi atau tool ini cocok digunakan sebagai alat komunikasi dalam tim.
2. Slack
Slack menjadi salah satu tool komunikasi terbaik untuk WFH atau hybrid working. Aplikasi ini membantu Anda agar bisa berkomunikasi dengan berbagai orang sekaligus dalam satu grup. Slack juga menawarkan fitur voice call maupun video call dan fitur berbagi file serta integrasi dengan aplikasi lain.
3. Microsoft Teams
Dengan menggunakan Microsoft Teams, Anda bisa dengan mudah dan cepat berbagi konten, merencanakan tugas, dan mengerjakan tugas bersama dengan tim Anda. Jika Anda pengguna setia Microsoft, Anda bisa dengan mudah mengintegrasikan aplikasi ini dengan layanan Microsoft lainnya.
Task Management Tools
4. Trello
Salah satu aplikasi terbaik untuk mengelola tugas atau proyek yang Anda dan tim Anda lakukan adalah Trello. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menyatukan semua tugas dalam satu antarmuka pengguna. Anda bisa mengetahui tugas atau proyek apa yang sedang dikerjakan dan siapa yang mengerjakannya.
5. Monday.com
Pilihan tools untuk WFH dan hybrid working lainnya yaitu Monday.com, sebuah platform yang bisa Anda gunakan untuk mengelola proyek atau tugas. Monday.com juga menyediakan fitur kalender, timeline, dan juga daftar sehingga dapat digunakan untuk kebutuhan skala besar.
6. Jira
Jika Anda bekerja di sebuah perusahaan yang fokus pada agile development, Jira bisa menjadi pilihan terbaik untuk WFH dan hybrid working. Aplikasi ini bisa digunakan untuk melakukan planning, melacak progress, serta mengecek laporan performa tim secara real-time.
7. Basecamp
Basecamp adalah sebuah task management tool yang bisa Anda gunakan untuk membuat tugas atau proyek yang tidak terbatas. Anda juga dapat menggunakannya untuk bekerjasama dengan ratusan orang secara terorganisir. Tampilannya yang modern membuat semua orang dapat dengan mudah menggunakannya.
Customer Relation Management Tools
8. SalesForce CRM
SalesForce CRM merupakan sebuah aplikasi CRM yang dibuat oleh perusahaan software berbasis cloud. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk memaksimalkan penjualan, memantau kampanye marketing, dan berkolaborasi dengan tim sales tanpa batas.
9. Microsoft Dynamics CRM
Microsoft juga memiliki sebuah aplikasi CRM yang dapat Anda gunakan untuk mengelola semua data pelanggan. Aplikasi ini juga membantu Anda untuk melakukan integrasi CRM dan sistem otomatisasi marketing.
10. CRM Arvis
Sebuah sistem berbasis web dan mobile yang dikembangkan oleh Arvis agar Anda bisa tetap terhubung dengan pelanggan. Anda dapat menggunakan sistem ini untuk membangun hubungan pelanggan dan merampingkan proses sehingga penjualan, layanan pelanggan, dan profitabilitas dapat ditingkatkan.
CRM Arvis dapat digunakan oleh tim penjualan untuk membuat laporan bisnis sehingga pemantauan kinerja tim penjualan secara real time dapat dilakukan dengan mudah. Selain laporan bisnis, Anda juga bisa dengan mudah memahami data yang ditampilkan dalam CRM Arvis karena data tersebut disajikan dalam bentuk visual. Visualisasi data ini dapat dilihat pada fitur dashboard analytics.
Artikel Terkait: CRM Arvis: Solusi Instan Ciptakan Laporan Bisnis Anda
Tertarik dengan CRM Arvis? Hubungi tim Arvis segera lewat nomor WhatsApp ini atau isi formulir penjadwalan demo di sini. Hanya CRM Arvis, solusi terbaik Anda untuk menciptakan dan mempertahankan pelanggan.