Mencari referensi website interaktif merupakan hal yang umum dilakukan untuk keperluan evaluasi dan inovasi pada website Anda. Ini bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dan mempertahankan bisnis agar tetap eksis di tengah persaingan yang ketat. Website yang interaktif adalah website yang memfasilitasi pengunjungnya untuk berinteraksi dengan fitur-fitur yang tersedia di dalamnya.
Agar mendapatkan gambaran bagaimana contoh website yang interaktif, Anda perlu mencari beberapa contoh sehingga Anda tahu, fitur apa yang perlu ditambahkan pada website Anda dan bagaimana jika fitur tersebut diterapkan dalam website Anda. Dalam mencarinya, usahakan untuk memilih website dengan jenis yang beragam. Ini akan membuat Anda kaya akan referensi yang akhirnya membuat proses evaluasi dan inovasi menjadi mudah. Untungnya, untuk mencari rujukan website, kini tidaklah sulit dilakukan. Hanya perlu mengetikkannya pada kolom pencarian dan ratusan hasil pun siap untuk Anda amati.
Lima Referensi Website Interaktif, Mana Yang Cocok Untuk Bisnis Anda?
Jika harus menyebutkan website yang interaktif satu persatu, maka pembahasan ini tidak akan ada habisnya.Untuk mempermudah Anda melakukan pengamatan, penulis merangkumnya menjadi lima berdasarkan elemen-elemen yang membuatnya tampak interaktif. Secara umum, ada tujuh elemen atau bagian yang dapat membuat website Anda interaktif. Hal tersebut di antaranya kolom pencarian, interactive tool, foto dan video, formulir dan tombol, feedback, dan kecepatan membuka halaman. Lebih lanjut, berikut lima website interaktif yang dapat Anda jadikan sebagai referensi.
Artikel terkait: Tak Hanya Cantik, Website Bisnis Harus Interaktif, Mengapa?
Arvis
Jika jenis bisnis Anda adalah b2b atau business to business, maka website milik Arvis ini dapat Anda jadikan referensi. Website yang bergerak di bidang teknologi informasi ini secara umum memiliki tiga warna dominan pada websitenya, yaitu putih, hitam, dan kuning. Dari segi penataan, website ini menampilkan desain yang ringan dan simpel yang berimbas pada kecepatan membuka halaman websitenya.
Beralih ke segi elemen interaktivitas, sudah ada beberapa elemen yang mereka gunakan di dalam websitenya. Ketika Anda menelusuri halaman bawah website, terdapat formulir yang dapat Anda isi bila ingin mencoba layanan atau produk yang mereka tawarkan. Formulir tersebut berisi nama, email, produk atau layanan yang ingin Anda coba, serta pesan yang mungkin ingin Anda sampaikan. Selain itu, Arvis juga meletakkan tombol WhatsApp untuk mempermudah pengunjung berinteraksi dengan mereka. Ini bisa Anda terapkan pada website Anda. Sebab, jika pelanggan ingin bertanya langsung tanpa harus mengisi formulir, mereka dapat langsung bertanya melalui nomor WhatsApp yang tersedia.
Tidak hanya foto produk, Arvis juga menampilkan foto tim mereka lengkap dengan posisi, pengalaman, dan juga kemampuan yang mereka miliki. Elemen ini memang tidak selalu ada pada sebuah website. Namun, ketika ini dipasang pada website Anda, maka tingkat kepercayaan pengunjung mau pun calon pengguna akan meningkat.
Carnival
Carnival merupakan website milik sebuah perusahaan asal Amerika Serikat yang bergerak pada wisata kapal pesiar. Menilik tampilan yang disuguhkan, website ini didominasi oleh tiga warna, yaitu biru, putih dan merah. Kombinasi ini merupakan ciri khas dari perusahaan yang juga tertuang dalam logonya. Penentuan warna website yang disesuaikan dengan warna logo akan memperkuat identitas dari perusahaan ini. Hal ini tentu akan memudahkan para pengunjung mengenali nama perusahaan ini.
Sementara itu dari segi interaktivitas, website ini telah menerapkan beberapa elemen. Ketika pengunjung mendarat pada halaman awal, terdapat foto beranimasi disusul foto-foto destinasi wisata dari berbagai negara yang siap menarik perhatian pengunjung. Tak lupa di sudut kanan atas, tombol pencarian juga disediakan. Karena bergerak di bidang pariwisata, mereka juga menambahkan fitur untuk mencari paket wisata yang dapat dipilih setelah memasukkan tujuan wisata, asal keberangkatan, tanggal berwisata, dan lamanya waktu berwisata. Apabila bisnis Anda bergerak di bidang pengembangan aplikasi, elemen ini bisa Anda sesuaikan, misalnya untuk menetapkan tanggal uji coba aplikasi.
Beralih ke halaman about us, selain berisi informasi berupa tulisan, mereka turut menyertakan video tentang perusahaan yang dapat pengunjung putar. Untuk menambahkan kesan kredibel, tombol media sosial yang mereka miliki tak lupa dicantumkan pada bagian bawah halaman website. Senentara itu dari segi kecepatan halaman dapat dikatakan cukup karena beberapa kali membutuhkan waktu yang lebih lama untuk membuka. Bisa jadi, banyaknya gambar dan animasi mempengaruhi kinerja website.
Carrollwood Florist
Website selanjutnya memiliki warna yang berbeda. Website ini kental dengan tumbuhan dan alam dengan warna dominasi hijau dan putih. Warna tersebut sesuai dengan produk yang ditawarkan dan jenis bisnisnya. Bisnis ini bergerak pada bidang penjualan bunga dan tanaman. Untuk tampilan secara keseluruhan, website ini lebih sederhana dibandingkan website sebelumnya. Karena lebih sederhana, maka website ini memiliki kecepatan membuka halaman yang lebih baik.
Dari segi interaktivitas, website ini juga memenuhi beberapa elemen. Ketika pertama kali membuka website ini, pengunjung akan disambut dengan foto sehingga perhatian pengunjung mudah didapatkan. Pada bagian kanan atas terdapat tombol pencarian yang dapat Anda gunakan untuk menelusuri isi website. Menuju bagian bawah website, Anda dapat menemukan animasi berisi testimoni dari para pembeli. Ini adalah hal sederhana, tapi patut untuk dicoba karena dapat meningkatkan kepercayaan pengunjung terhadap bisnis Anda.
Sama halnya dengan website carnival, Carrollwood Florist juga menampilkan tombol media sosial mereka pada bagian bawah halaman websitenya. Elemen lain yang website ini sediakan adalah feedback. Terletak tepat di atas tombol media sosial, mereka menyediakan dua tempat untuk melakukan penilaian. Penilaian pertama dapat dilakukan melalui Google. Penilaian kedua dapat Anda tuliskan pada website Yelp. Untuk melakukan penilaian di dua tempat tersebut, Anda dapat memilih rating berbentuk bintang dan mengisi pendapat Anda secara singkat terkait produk atau layanan yang diberikan.
Vegan Essentials
Ketika membaca nama website ini, apa yang tergambar di pikiran Anda? Jika Anda berpikir tentang sesuatu yang berhubungan dengan tumbuhan, maka jawaban Anda tepat. Website selanjutnya merupakan website belanja online yang menjual berbagai produk berbahan tumbuhan, mulai dari makanan, vitamin, kosmetik, hingga produk pembersih. Secara tampilan, website ini menggunakan dua warna utama sebagai identitas, yaitu hijau tua dan hijau muda. Warna ini dipilih agar sesuai dengan jenis produk yang mereka jual dan logo yang mereka gunakan.
Berbeda dengan beberapa website sebelumnya, Vegan Essentials memilih bagian atas website untuk meletakkan kontak telepon mereka sehingga mudah dilihat pengunjung. Selain telepon, Vegan Essentials turut menyediakan formulir bagi calon pembeli yang ingin mengirimkan pertanyaan. Formulir ini dapat Anda temukan pada menu contact us dengan mengisi nama, email, nomor telepon, dan pesan yang ingin Anda sampaikan. Elemen formulir ini patut Anda pertimbangkan agar data pelanggan potensial berkembang.
Sebagaimana website belanja lainnya, keberadaan foto menjadi hal penting untuk disertakan di dalamnya. Vegan Essentials meletakkan beberapa jenis foto pada websitenya seperti foto produk, foto promosi harga produk, dan foto penghargaan yang mereka terima. Tidak terlewat, website ini meletakkan tombol pencarian pada bagian atas website bersama dengan tombol akun dan keranjang belanja. Lebih lanjut, untuk mempermudah customer mencari mereka, tombol sosial media turut disediakan pada websitenya.
Spongelle
Referensi terakhir adalah website Spongelle. Perusahaan ini bergerak di bidang penjualan produk-produk perawatan diri dan berasal dari Amerika Serikat. Website ini berbasis belanja online dengan tampilan yang didominasi warna merah muda dan putih. Berbeda dengan warna websitenya, logo Spongelle memiliki warna hitam. Beralih ke elemen interaktif, website ini menyediakan banyak hal yang dapat menarik pengunjung untuk berinteraksi.
Salah satunya pada menu Fragrance Quiz. Pada menu tersebut Anda akan diberikan rekomendasi produk berdasarkan apa yang Anda pilih di dalam quiz-nya, seperti untuk siapa produk tersebut, aroma apa yang mereka sukai, dan sebagainya. Elemen ini bisa jadi sesuai dengan bisnis Anda sehingga dapat meningkatkan interaktivitasnya ketika diterapkan. Tak hanya itu, Spongelle juga menyediakan fitur live chat yang bisa pengunjung manfaatkan ketika ingin bertanya. Untuk mendapatkan balasan, Anda perlu beberapa waktu untuk menunggu support agent menjawab. Ketika layanan ini Anda tutup, maka formulir penilaian kinerja support agent akan muncul.
Elemen fungsional lainnya juga dihadirkan pada bagian pojok halamannya. Anda bisa mengubah sistem harga berdasarkan di mana Anda tinggal. Artinya, ketika ingin melakukan pembelian, Anda tak lagi perlu melakukan konversi harga ke mata uang Anda. Ini adalah elemen yang patut Anda lirik jika jangkauan pasar Anda adalah mereka dari seluruh dunia. Lebih lanjut, spongelle juga menggunakan elemen peta lokasi pada menu contact us. Peta tersebut menunjukkan lokasi toko offline yang dapat pelanggan kunjungi.
Itulah beberapa website interaktif yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Secara umum, dari kelima website di atas sama-sama memiliki elemen umum seperti foto yang menarik, kolom pencarian, tombol sosial media, formulir pertanyaan, dan kecepatan membuka halaman yang baik. Namun, masing-masing di antaranya memiliki elemen yang unik yang disesuaikan dengan jenis bisnis yang mereka tekuni. Hal terpenting yang perlu Anda ingat adalah untuk selalu menyesuaikan elemen yang ingin Anda tambahkan ke website dengan jenis bisnis Anda. Jangan sampai elemen yang Anda tambahkan justru tidak bermanfaat dan membuat proses membuka halaman jadi melambat. Jika website Anda mulai melambat segera hubungi tim IT profesional kami, sebelum terlambat. Ketuk tombol berikut ini untuk berkomunikasi lewat WhatsApp atau isi formulir di beranda kami.