Tips Tingkatkan Kecepatan Website Anda: Agar Leads Tak Kabur!

Tips Tingkatkan Kecepatan Website Anda Agara Leads Tak Kabur

Pernahkah Anda menemui sebuah website yang tidak kunjung terbuka, padahal Anda perlu membaca konten penting di dalamnya? Lalu, apa yang akan Anda lakukan? Apakah pergi begitu saja? Jika benar begitu, maka Anda tidak sendirian. Sebab, sebagian besar pengunjung akan meninggalkan website yang memiliki kecepatan buruk. Jika hal serupa terjadi pada website Anda dan tak segera ditangani, bisa jadi Anda kehilangan sebagian besar leads. Agar hal ini tidak menimpa bisnis Anda, satu-satunya cara yang perlu dilakukan adalah meningkatkan kecepatan website Anda.

Kecepatan website merujuk pada lamanya waktu yang diperlukan oleh sebuah website untuk membuka sebuah konten sehingga pengunjung dapat melihatnya. Semakin cepat sebuah konten ditampilkan oleh website Anda, semakin baik pula kesan yang pengunjung berikan. Melansir laman Hubspot, setidaknya ada tiga hal yang mempengaruhi kecepatan website Anda, yaitu media yang dimuat di dalamnya, tema dan plugin yang terinstal, hingga program yang diterapkan pada website Anda.

Mengapa Kecepatan Website Penting Untuk Anda Perhatikan? 

Jika membahas tentang kecepatan website, maka setiap detiknya sangat menentukan apakah pengunjung akan tetap menunggu hingga terbuka atau justru meninggalkannya. Alasan mengapa kecepatan web harus diperhatikan dapat Anda cermati pada sejumlah poin berikut. 

Traffic Meningkat Ketika Loading Website Anda Singkat

Traffic atau pengunjung akan tinggi ketika website Anda dapat muncul pada halaman pertama hasil pencarian. Sebab, posisi ini membuat website Anda mudah ditemukan pengunjung. Salah satu cara mendapatkannya adalah dengan memiliki website berkecepatan baik. Dengan begitu mesin pencarian akan menganggap website Anda berkualitas dan dapat menghasilkan pengalaman yang menyenangkan bagi pengunjung. Akhirnya, kesempatan mendapatkan posisi yang baik pada hasil pencarian dapat terlaksana.  

Website Anda Harusnya Meningkatkan Kredibilitas Bisnis Anda, Bukan Sebaliknya

Salah satu harapan Anda ketika membuat website adalah meyakinkan calon pelanggan bahwa perusahaan Anda dapat dipercaya dan profesional. Ini hanya akan Anda peroleh apabila website Anda dapat menampilkan konten yang ada di dalamnya dalam waktu singkat. Namun jika hal sebaliknya terjadi, maka perusahaan Anda akan tampak tidak profesional, kurang baik dalam merencanakan sesuatu, hingga kurang fokus dalam menjalankan bisnis. Akibatnya, calon pelanggan menjadi sulit untuk sekadar percaya atau bahkan melakukan kerja sama bersama Anda.  

Selain Beriklan, Awareness Bisnis Anda Dapat Meningkat Saat Website Anda Merespon Pengunjung Dengan Cepat

Ketika dapat diakses dengan mudah dan cepat, website Anda akan membuat pengunjung nyaman berada di dalamnya. Kenyamanan ini membuat mereka kembali mengunjungi website Anda di lain hari. Tak hanya itu, secara sukarela, mereka juga akan membagikan website Anda ke sosial media yang mereka milik sebagai bentuk apresiasi dari apa yang website Anda berikan pada mereka. Dengan demikian, ada semakin banyak orang yang mengunjungi website Anda dan semakin banyak pula orang yang mengenal bisnis Anda.

Artikel terkait: Tips Demo Produk B2B Yang Efektif Meningkatkan Penjualan

Tips Meningkatkan Kecepatan Website Anda Agar Leads Tak Kabur

Setelah membahas pengertian dan mengetahui mengapa kecepatan website harus Anda perhatikan, ini saatnya untuk berlanjut ke tips meningkatkan kecepatan website Anda. Untuk memahami setiap informasinya dengan baik, pastikan Anda menyimak setiap bagiannya hingga usai. Berikut pembahasannya.

Perhatikan Hosting Yang Website Anda Gunakan

Hosting atau tempat penyimpanan data website menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kecepatan website Anda. Jika Anda menggunakan hosting berjenis shared hosting, artinya Anda sedang berbagi tempat dengan website-website lainnya. Inilah yang menyebabkan proses mengakses data website menjadi lama. 

Setiap hosting memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk hosting berjenis shared unggul dari segi harga, namun tidak dengan kecepatan atau performanya. Karena bertujuan memiliki website dengan performa yang baik, Anda perlu memilih jenis hosting yang berfokus pada performa, misalnya cloud hosting atau dedicated hosting. 

Optimalkan Ukuran Gambar Agar Kecepatan Website Anda Meningkat

Jika website Anda hanya dipenuhi dengan tulisan, tentu pengunjung akan jenuh dan kurang tertarik untuk membacanya. Itu sebabnya, Anda menambahkan gambar di dalamnya. Namun di sisi lain, gambar juga dapat menyebabkan performa website Anda menurun karena kurang sesuainya format dan besarnya ‘bobot’ gambar yang Anda gunakan. Sebagai catatan, jika gambar Anda mengandung banyak warna, baiknya gunakan format jpg. Sementara itu untuk gambar yang memuat grafik, Anda bisa menggunakan format png.  

Bila website Anda berbasis WordPress, maka menggunakan plugin atau fitur tambahan untuk mengoptimalkan ukuran gambar bisa jadi solusinya. Beberapa plugin yang dapat Anda coba di antaranya Smush, reSmush.it, Auto Image Compression, dan lainnya. Plugin tersebut akan secara otomatis mengurangi ukuran gambar Anda ketika diunggah ke dalam website tanpa mengurangi kualitasnya. Apabila tidak menggunakan WordPress, Anda bisa menggunakan alternatif lain, misalnya tinypng.com. 

Artikel terkait: Tak Hanya Cantik, Website Bisnis Harus Interaktif, Mengapa?

Manfaatkan Content Delivery Network (CDN)

Ilustrasi Content Delivery Network (CDN) (Sumber: Udacity)

CDN merupakan kumpulan server website yang tersebar di berbagai wilayah di dunia. Server ini memungkinkan pengunjung untuk mengakses website Anda dengan lebih cepat. Sebab, CDN akan mengirimkan data statis website seperti gambar, CSS, JavaScript, video, dan lainnya dari server yang paling dekat dengan lokasi pengunjung. 

Misalnya, pengunjung website Anda berasal dari Malaysia dan server Anda ada di Indonesia. Agar proses akses website lebih cepat, maka CDN akan mengirimkan data dari server yang juga terletak di Malaysia. Dekatnya jarak antara server dan pengakses berpengaruh terhadap kecepatan membuka suatu website. 

Minify Ukuran File CSS, JavaScript, Dan HTML

Tampilan Kode CSS (Sumber: Udacity)

Minify adalah proses memperkecil ukuran file CSS, JavaScript, dan HTML. Ini dapat Anda tempuh dengan cara menghapus beberapa komponen seperti spasi, karakter, tab, enter, mau pun komentar yang sudah tidak digunakan setelah proses coding. Setelah itu, Anda dapat menggabungkan file-file serupa menjadi satu. Dengan demikian, beban HTTP request atau pesan yang dikirimkan pengunjung ke server web dapat bisa ringan. Inilah yang akhirnya mempercepat proses membuka website Anda.

Kurangi Redirects Pada Website Anda

Redirects adalah proses mengalihkan pengunjung menuju sebuah halaman di luar halaman awal yang mereka kunjungi. Ini biasa terjadi setelah Anda mengklik sebuah tulisan, tombol, mau pun menu yang mengandung link. Untuk mempercepat kinerja website, baiknya Anda mengurangi penggunaanya. Karena setiap pengunjung melakukan redirects, maka proses HTTP request dan response akan berlangsung. Dampaknya, kecepatan website juga akan menurun. Jadi, pastikan untuk menggunakan redirects sesuai keperluan. 

Gunakan Caching Agar Website Anda Dapat Dibuka Dengan Cepat

Berlanjut ke tips berikutnya, yaitu menggunakan caching. Caching adalah proses menyimpan data website yang pernah diakses pengunjung pada penyimpanan sementara. Ketika mereka datang kembali ke website yang sama, maka data yang sebelumnya disimpan dapat digunakan lagi oleh server sehingga proses membuka website tidak dimulai dari awal. Inilah penyebab mengapa caching dapat mempercepat kinerja website Anda. 

Lakukan Analisis Kecepatan Website Anda Secara Berkala 

Tampilan Laporan Lighthouse

Setelah beberapa poin sebelumnya membahas tentang tips meningkatkan kecepatan website, ini saatnya untuk membahas tips menjaga performanya agar tetap optimal. Untuk melakukan pekerjaan ini, Anda dapat memanfaatkan fitur Lighthouse yang disediakan oleh Chrome. Dengan fitur ini Anda dapat mengetahui laporan performa website. Laporan tersebut dilengkapi dengan sejumlah saran tindakan yang bisa Anda lakukan agar performa website Anda meningkat. Setelah mengetahui saran yang diberikan, Anda bisa mulai berkomunikasi dengan pengembang website Anda. 

Artikel terkait: Tips Memilih Pengembang Website Terbaik Untuk Bisnis Anda

Itulah beberapa ulasan terkait tips meningkatkan kecepatan website Anda. Tak dapat dipungkiri, kecepatan website Anda mempengaruhi pengalaman pengunjung. Jika mereka mendapatkan pengalaman yang baik, maka sejumlah manfaat juga akan datang pada bisnis Anda. Namun bila hal sebaliknya terjadi, pengunjung tidak akan ragu untuk pergi begitu saja sebelum website Anda terbuka. 

Jika perlu bantuan untuk meningkatkan performa website, Anda dapat mempertimbangkan layanan pengembangan website yang Arvis tawarkan. Dengan dukungan tim IT profesional, proses mengkomunikasikan kebutuhan Anda jadi lebih cepat dan mudah. Bila Anda ingin mempelajari bagaimana kami menghadirkan solusi atas kebutuhan pelanggan, Anda dapat mengunjungi halaman ini. Jadi, siapkah Anda meningkatkan angka konversi dengan memiliki website berkecepatan mumpuni? Hubungi kami melalui WhatsApp di sini atau isi formulir ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *