Saat ini, sebagian besar pelaku bisnis telah membangun website untuk mendukung bisnisnya masing-masing. Banyaknya jumlah website menyebabkan persaingan bisnis secara digital semakin sengit. Meskipun begitu, bukan berarti persaingan tersebut tidak bisa Anda menangkan. Sebab, masih ada celah yang dapat dimanfaatkan agar website bisnis Anda tampak lebih spesial dibanding lainnya. Salah satu caranya ialah menambahkan sejumlah komponen pada website Anda sehingga menimbulkan kesan kredibel atau dapat dipercaya pengunjungnya.
Kesan tersebut otomatis muncul ketika komponen website Anda dilihat, diperhatikan, dan ditelusuri. Setelah itu ada dua kemungkinan jawaban yang akan Anda dapati, yaitu kepercayaan atau keraguan. Agar jawaban yang Anda peroleh adalah kepercayaan, Anda perlu menyimak artikel ini hingga usai. Ketika rasa percaya dari pengunjung ada di tangan, maka persaingan sengit yang sebelumnya dibahas tak akan berdampak banyak bagi bisnis Anda. Tak hanya itu, kredibilitas website Anda juga mendorong pengunjung atau calon pelanggan melakukan konversi.
Beberapa Komponen Yang Membuat Website Anda Makin Kredibel
Setelah sempat menyinggung komponen website pada bagian sebelumnya, ini saat yang tepat untuk mengetahui apa saja komponen tersebut dan memahami penjelasan detailnya. Penjelasan tersebut sebagaimana dirangkum dalam paragraf di bawah ini.
Penilaian Dari Pelanggan
Di era serba digital ini, apa pun yang orang katakan tentang bisnis Anda dapat berdampak pula pada kredibilitasnya. Ini biasa disebut dengan penilaian. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menambahkan komponen penilaian dari pelanggan pada website bisnis Anda. Secara umum, ada beragam bentuk penilaian yang bisa diterapkan di dalam sebuah website. Jika bisnis Anda berjenis b2c, maka penilaian yang cocok digunakan adalah penilaian bintang yang dilengkapi dengan tulisan singkat. Melalui dua hal tersebut, pengunjung dapat menentukan bagaimana kualitas produk yang Anda tawarkan.
Sementara itu untuk bisnis b2b, Anda bisa mencantumkan sejumlah logo perusahaan yang pernah bekerja sama dengan Anda. Tujuannya, agar pengunjung tahu siapa saja yang pernah bekerja sama dengan Anda. Setelah itu, mereka juga bisa menghubungi salah satu perusahaan untuk mendengar pengalamannya ketika bekerja sama dengan perusahaan Anda. Secara sifat, penilaian yang client Anda berikan kepada pengunjung bisa lebih objektif karena tidak ada campur tangan dari pihak Anda. Jadi, pengunjung tidak akan berpikir ada hal yang dilebih-lebihkan dari apa yang client Anda ceritakan.
Artikel terkait: Website B2B: Pengertian, Ciri Khas, dan Contohnya
Case Studies Atau Studi Kasus
Agar pengunjung semakin percaya pada bisnis Anda, maka komponen case study perlu ditambahkan ke dalam website Anda. Case study berisi rangkuman bagaimana sebuah perusahaan menyediakan produk atau layanan sesuai dengan masalah dan harapan yang diberikan oleh pelanggan. Dengan adanya komponen ini, pengunjung dapat mencermati bagaimana perusahaan Anda memperlakukan pelanggan dan menyelesaikan permasalahan yang mereka ajukan. Selain itu, menambahkan case study pada website, menunjukkan bahwa perusahaan Anda tidak hanya bisa menawarkan produk atau layanan tetapi juga menyediakannya.
Tampilkan Komponen Anggota Tim Pada Website Anda
Menampilkan foto anggota tim lengkap dengan profil singkatnya pada website Anda dapat meningkatkan kepercayaan pengunjung dan membuat mereka merasa dekat dengan perusahaan Anda. Sebab, mereka dapat melihat siapa saja yang ada di balik website yang sedang dibaca. Selain itu, pengunjung bisa mengecek profil masing-masing anggota tim melalui media sosial profesional, misalnya Linkedin. Dengan begitu, mereka dapat mengetahui bagaimana keterampilan, pencapaian, dan pengalaman anggota tim perusahaan Anda.
Blog Atau Web Log
Web log adalah halaman pada sebuah website yang menyediakan berbagai informasi bagi pengunjung, baik seputar produk atau layanan yang pemilik website tawarkan atau informasi umum yang berkaitan dengan bisnis yang dijalankan. Dengan menyediakan komponen ini, artinya Anda peduli terhadap pengunjung karena informasi yang Anda sediakan bisa jadi membantu permasalahan yang mereka hadapi.
Jika Anda terus melakukan pembaruan isi blog, secara langsung pengunjung akan menilai website Anda masih aktif dan terawat.Tanpa perlu diminta, mereka akan rutin mengunjungi website Anda untuk membaca informasi terbaru yang tersedia. Di sisi lain, Anda juga perlu berhati-hati dalam membuat konten untuk blog Anda. Pastikan konten Anda bebas dari kesalahan ketik dan ejaan sebab keduanya turut ambil bagian dalam menentukan kredibilitas.
Tambahkan Komponen Kontak Perusahaan Pada Website Anda
Jika pengunjung tertarik untuk menggunakan produk atau layanan Anda, maka mereka akan langsung menghubungi Anda. Bayangkan jika Anda tidak mencantumkan informasi kontak, bagaimana mereka melakukannya? Oleh karena itu, pastikan Anda sudah meletakkan detail kontak pada website Anda, setidaknya nomor telepon dan email. Agar kontak tersebut bisa dilihat dengan mudah, letakkan pada bagian yang strategis misalnya di bagian atas website atau di dalam tombol yang dapat menarik perhatian pengunjung.
Artikel terkait: Navigasi Website: Solusi Cerdas Buat Pengunjung Betah
Alamat Perusahaan Anda
Komponen berikutnya adalah alamat perusahaan. Umumnya, pengunjung dapat menemuinya pada bagian bawah sebuah website. Meskipun tampak remeh, nyatanya komponen ini bisa berdampak besar terhadap terbentuknya kepercayaan pengunjung website Anda. Dengan adanya alamat perusahaan, pengunjung menilai bahwa bisnis Anda benar-benar ada. Lebih lanjut, mereka juga tak akan khawatir ketika hendak bekerja sama. Apabila hal yang tidak diinginkan terjadi, mereka dapat langsung bergegas menuju kantor Anda.
Meskipun semua urusan bisnis kini sudah bisa dilakukan secara online, beberapa orang masih memilih bertemu secara langsung untuk membicarakan hal penting semacam ini. Dengan mengetahui alamat perusahaan Anda, mereka bisa langsung pergi menemui Anda dan membicarakan apa kebutuhannya.
Penghargaan Dan Sertifikasi
Penghargaan dan sertifikasi adalah nilai plus bagi perusahaan Anda. Keduanya menandakan bahwa perusahaan Anda berkualitas serta sesuai dengan standar. Karenanya, tidak ada alasan bagi pengunjung untuk tidak mempercayai bisnis Anda. Lebih lanjut, adanya penghargaan dan sertifikasi membuat anggota tim Anda juga semakin percaya diri. Jadi, jika perusahaan Anda memiliki penghargaan atau sertifikasi, maka Anda perlu memasangnya pada laman website Anda. Posisikan komponen ini pada bagian yang mudah ditemui pengunjung, misalnya halaman depan website atau pada bagian footer.
Privacy Policy dan Term Of Use
Jika Anda sering melihat bagian bawah sebuah website, tentu akan menemui komponen yang satu ini. Privacy policy dan term of use berfungsi untuk memberitahu pengunjung terkait informasi apa saja yang website Anda gunakan, ketika mereka mengunjungi website Anda. Selain itu, ini juga akan menginformasikan bagaimana data tersebut digunakan. Lalu, apa pentingnya komponen ini terhadap kredibilitas website Anda? Dengan menambahkan komponen ini, artinya bisnis Anda tidak menutupi apa pun dari pengunjung Anda. Pada akhirnya, ini akan membuat pengunjung nyaman untuk melakukan kerja sama.
Tampilkan Harga Produk Yang Anda Tawarkan
Komponen ini sudah umum pengunjung temui pada website bisnis berjenis b2c, namun sebaliknya jarang ada pada website bisnis b2b. Sebagian website b2b memilih untuk tidak menampilkan harga produk atau layanan yang mereka sediakan karena dapat membuat pengunjung mengurungkan niatnya dalam melakukan pembelian. Perlu diingat, tidak semua pengunjung memperhatikan harga sebagai indikator utama ketika hendak membeli produk atau layanan.
Lebih dari itu, yang mereka pertimbangkan adalah manfaat yang akan diperoleh ketika menggunakan produk atau layanan Anda. Jadi, tak ada salahnya untuk menambahkan komponen harga pada website Anda. Selain harga, jangan lupa sertakan fitur apa saja yang mereka dapat ketika mengeluarkan sejumlah biaya untuk sebuah produk atau layanan.
Gunakan Frequently Asked Questions (FAQ) Sebagai Salah Satu Komponen Website Anda
Setelah mengunjungi website Anda, kadang pengunjung memiliki sejumlah pertanyaan terkait produk atau layanan yang Anda tawarkan. Untuk memudahkan mereka mencari jawabannya, Anda dapat menambahkan FAQ ke dalam website Anda. Sesuai namanya, komponen ini berisi kumpulan pertanyaan yang sering pengunjung tanyakan lengkap dengan jawabannya. Meskipun kerap kali dirahasiakan oleh beberapa website, baiknya komponen ini Anda munculkan sehingga bisnis Anda terlihat semakin kredibel.
Itulah beberapa komponen yang bisa Anda tambahkan pada website Anda agar semakin kredibel. Singkatnya, pengunjung memiliki berbagai sudut pandang dalam menentukan apakah website Anda kredibel atau bahkan sebaliknya. Cara terbaik untuk mendapat kredibilitas tersebut adalah mencoba untuk menerapkan beberapa komponen di atas sembari melakukan evaluasi terhadap efektivitasnya. Tanpa mencoba menerapkannya, Anda tak akan tahu apakah komponen-komponen yang sudah Anda baca benar bekerja.
Jika ada komponen yang ingin Anda tambahkan pada website bisnis Anda, tim IT profesional Arvis bisa membantunya. Untuk memastikan layanan pengembangan website kami sesuai dengan kebutuhan, Anda dapat mempelajari cerita sukses kami pada halaman success story dan bertemu dengan tim kami di sini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami melalui nomor berikut atau isian formulir ini.