Apa Itu User Journey? Ini Definisi dan Keuntungan Menggunakannya

Apa Itu User Journey dan Kegunaannya untuk Software Developer

Salah satu kunci keberhasilan dalam membuat suatu produk adalah mengetahui bagaimana pengguna produk tersebut bisa menggunakannya. Sama halnya dalam membuat dan mengembangkan sebuah produk dalam bentuk aplikasi atau software. Software developer biasanya akan membuat user journey untuk memahami kebutuhan pengguna software tersebut. Apa itu user journey?

Insight Arvis kali ini mengajak Anda untuk mengetahui lebih jauh tentang apa itu user journey, definisinya, apa saja isinya, dan keuntungan menggunakannya. Pengetahuan tentang user journey tentunya sangat penting untuk Anda dalam memahami bagaimana software developer membuat software yang berkualitas.

Butuh software berkualitas buatan software developer terpercaya? Hubungi Arvis di WhatsApp ini

Apa Itu User Journey?

Dilansir dari situs UX Mentor, user journey diartikan sebagai serangkaian langkah yang memuat skenario tentang seperti apa kemungkinan interaksi yang akan terjadi antara pengguna dengan software yang dirancang oleh software developer. Pembuatan skenario ini biasanya didasarkan pada penelitian dan data yang berkaitan dengan tujuan pembuatan dan pengembangan software tersebut.

User journey mendemonstrasikan kepada software developer seperti apa cara pengguna berinteraksi dengan layanan atau produk (software) yang akan dibuat dan dikembangkan. Pemahaman tentang software yang dibuat dari perspektif pengguna akan sangat membantu software developer untuk memahami kebutuhan pengguna.

NN Group dalam situsnya juga mengartikan user journey sebagai urutan langkah-langkah berdasarkan skenario yang diambil pengguna untuk mencapai tujuan tingkat tinggi. User journey menjadi media yang mendeskripsikan “perjalanan” yang melibatkan pengalaman pengguna di banyak titik interaksi, karena dalam sebuah “perjalanan”, pengguna mungkin akan menggunakan berbagai saluran atau sumber informasi.

Anda bisa mengambil contoh perjalanan user sebagai pasien baru. Perjalanan pasien baru ini dalam menggunakan aplikasi atau software rumah sakit tentunya akan banyak menyentuh titik interaksi, seperti mengakses informasi tentang jenis layanan, memilih dokter, sampai dengan booking layanan pemeriksaan.

Keuntungan Menggunakan User Journey

Ada banyak keuntungan yang akan didapatkan ketika membuat dan menggunakan user journey, antara lain:

1. Kejelasan visi proyek

User journey merupakan salah satu cara terbaik untuk mengkomunikasikan apa yang ingin dicapai oleh software developer dengan pemangku kepentingan. Urutan langkah-langkah yang ada didalamnya menunjukkan seperti apa keadaan masa depan dari apapun yang akan dirancang. Langkah-langkan ini juga dapat menjadi salah satu bagian penting dari tahap pengumpulan persyaratan di awal pengembangan software.

2. Kemudahan memahami perilaku pengguna

Keuntungan lainnya dari penggunaan user journey yaitu kemudahan bagi software developer untuk mengetahui dan memahami bagaimana pengguna akan berinteraksi dengan sistem atau software yang dibuat. Hal ini juga berkaitan dengan memahami apa saja yang pengguna harapkan dari sistem atau software tersebut.

3. Identifikasi kemungkinan fungsionalitas pada tingkat tinggi

Penggunaan user journey juga memudahkan software developer untuk mengidentifikasi kemungkinan fungsionalitas sistem atau software pada tingkat yang lebih tinggi. Kemungkinan interaksi pengguna lebih lanjut di masa depan bisa diperkirakan mulai dari sekarang dengan menggunakan user journey.

Kapan User Journey Dibuat?

Anda sudah mengetahui apa itu user journey, lalu kapan biasanya user journey itu dibuat? Pembuatan user journey biasanya dilakukan oleh software developer pada masa-masa awal pembuatan dan pengembangan software dalam fase pengumpulan persyaratan (requirements gathering phase). Selain di fase ini, user journey juga bisa digunakan lebih lanjut ketika proses penjabaran bagian-bagian fungsionalitas software.

Bagaimana Cara Membuat User Journey?

Sebelum membuat user journey, software developer perlu melakukan riset pengguna dan memahami beberapa hal berikut ini:

  • Sasaran pengguna (user’s goal)
  • Motivasi pengguna
  • Poin-poin kesulitan yang sering dihadapi pengguna
  • Karakter pengguna secara keseluruhan
  • Tugas utama yang ingin mereka capai

Pembuatan user journey sangat erat kaitannya dengan aktivitas penggunanya di kehidupan nyata. Itulah mengapa data yang didapatkan dari riset pengguna perlu dikumpulkan dan digunakan untuk memahami interaksi pengguna dengan software yang akan dibuat.

Isi User Journey

Apa saja isi user journey? Hal utama yang harus ada didalamnya yaitu serangkaian langkah yang menuju pada suatu hasil. Detail langkah-langkah ini bisa berbeda-beda tergantung pada jenis aplikasi atau software yang akan dibuat dan dikembangkan oleh software developer. Namun pada dasarnya, user journey berisikan hal-hal berikut ini:

  • Context: Dimana penggunanya? Apa yang ada di sekitar mereka? Apakah ada faktor eksternal yang mungkin mengganggu mereka?
  • Progression: Bagaimana setiap langkah memungkinkan pengguna untuk maju ke langkah berikutnya?
  • Devices: Perangkat apa yang mereka gunakan? Apakah mereka pemula atau ahli? Fitur apa saja yang dimiliki perangkat ini?
  • Functionality: Jenis fungsionalitas apa yang diharapkan pengguna? Apakah itu bisa dicapai?
  • Emotion: Suasana seperti apa yang akan dibangun pada setiap langkah?

User journey bisa menjadi sangat rumit dan tidak mudah dipahami jika banyak interaksi yang dilakukan oleh pengguna software. Software developer biasanya mengatasi hal ini dengan membuat journey maps. Journey maps adalah artefak umum yang bersifat naratif dan deskriptif untuk memvisualisasikan user journey.

Lagi nyari software developer berpengalaman dalam membuat aplikasi sesuai kebutuhan penggunanya? Hubungi Arvis di WhatsApp ini

User Journey vs User Flow

Selain user journey, pembuatan dan pengembangan sebuah software juga berkaitan dengan yang namanya user flow. User flow merupakan serangkaian interaksi yang menggambarkan serangkaian langkah ideal yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas umum yang dilakukan dengan sebuah software.

User journey dan user flow dapat digabungkan penggunaannya untuk memberikan konteks dan pemahaman yang lebih luas tentang pengalaman pengguna (user experience).

Gambar 1. Penggabungan User Journey dan User Flow

Sumber: NNGroup

Walaupun dapat digabungkan, ada perbedaan antara user journey dan user flow yang perlu Anda ketahui. Berikut ini beberapa perbedaannya:

1. Definisi

User journey: Urutan langkah-langkah berdasarkan skenario yang diambil pengguna untuk mencapai tujuan dengan software yang digunakan.

User flow: Serangkaian interaksi yang menggambarkan serangkaian langkah ideal yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas umum yang dilakukan dengan sebuah software.

2. Fokus

User journey: fokusnya lebih luas dan berada pada tingkat tinggi

User flow: fokusnya lebih spesifik dan terperinci

3. Cakupan

User journey: mencakup langkah-langkah umum

User flow: mencakup interaksi terperinci dalam sebuah langkah

4. Isi

User journey: deskripsi tentang tindakan, emosi, dan pikiran pengguna

User flow: detail tentang tindakan pengguna dan respon dari sistem atau aplikasi

5. Alat atau media

User journey: dapat dijabarkan lebih lanjut dengan menggunakan journey maps

User flow: wireflow, diagram alur (flow chart), atau diagram tugas (task diagram)

Kesimpulan

User journey adalah skenario yang menjelaskan serangkaian langkah yang akan dilakukan oleh pengguna sebuah produk, termasuk produk dalam bentuk software. Tujuan dari penggunaan user journey yaitu memudahkan software developer untuk memahami kebutuhan pengguna agar software yang dibuat dan dikembangkan sesuai dengan yang diharapkan.

Penggunaan user journey sangat mempengaruhi kualitas software yang dibuat dan dikembangkan. Pastikan software developer yang Anda pilih berpengalaman dalam mengidentifikasi dan memahami kebutuhan pengguna dalam berinteraksi dengan software seperti Arvis.

Artikel Terkait: Copsec SmartDocs Arvis, Solusi Kemudahan Kelola Dokumen Perusahaan

Mengapa Arvis?

Arvis adalah software developer terpercaya yang bisa Anda pilih untuk membuat dan mengembangkan berbagai macam software sesuai dengan kebutuhan Anda. Mengapa Arvis? Karena Arvis sudah banyak dipilih oleh perusahaan-perusahaan besar sebagai Technology Partner mereka dalam pembuatan dan pengembangan software.

Sebagai salah satu software developer terbaik di Indonesia, Arvis memiliki layanan konsultasi pengembangan software untuk Anda. Salah satu layanan terbaiknya yaitu layanan konsultasi terkait dengan user journey dan user flow. Arvis akan menganalisa apakah user journey dan user flow yang dilakukan perusahaan Anda sudah sesuai dengan kebutuhan proses bisnis perusahaan.

Tertarik dengan layanan konsultasi pengembang software dari Arvis? Hubungi tim software developer Arvis segera lewat nomor WhatsApp ini. Mari bangun dan kembangkan software terbaik bersama Arvis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *