Manajemen Hubungan Pelanggan: Dari Definisi Hingga Manfaatnya

Manajemen Hubungan Pelanggan Dari Definisi Hingga Manfaatnya

Dalam berbisnis, salah satu tujuan Anda tentu memperoleh lebih banyak pelanggan agar bisnis Anda kian berkembang setiap harinya. Meskipun begitu, Anda tidak boleh lupa. Selain memperoleh pelanggan baru, Anda juga harus merawat pelanggan yang sudah ada sehingga mereka tidak beralih ke kompetitor Anda. Untuk melakukannya, Anda perlu mengenal manajemen hubungan pelanggan. Apa itu?

Manajemen hubungan pelanggan atau juga dikenal dengan nama customer relationship management (CRM) adalah strategi, sistem, dan teknologi yang digunakan oleh sebuah perusahaan untuk mengelola hubungan dan interaksinya dengan setiap pelanggan, baik baru mau pun yang sudah ada. Jika Anda mampu menerapkan manajemen ini dengan baik, maka penjualan perusahaan Anda akan ikut naik. Untuk memahami topik ini, simak artikel berikut hingga usai agar setiap informasinya dapat Anda pelajari dengan maksimal.

Cara Kerja Manajemen Hubungan Pelanggan

Pada dasarnya, sistem dari manajemen hubungan pelanggan akan mengumpulkan setiap data dari prospek atau leads dan pelanggan yang Anda tambahkan di dalamnya pada satu tempat. Ini akan memudahkan Anda untuk melakukan proses tindak lanjut dan menentukan apakah leads tersebut berpotensi untuk menjadi pelanggan atau sebaliknya. 

Artikel terkait: 5 Rahasia Kelola Sales Lead B2B Agar Konversi Meningkat

Selain data prospek, manajemen hubungan pelanggan juga memungkinkan tim penjualan Anda untuk mencatat aktivitas yang mereka lakukan dengan leads mau pun pelanggan di dalam sistemnya. Setelah itu, semua data yang ada di dalamnya akan otomatis berubah menjadi laporan digital. Laporan ini dapat Anda pantau perkembangannya secara real time. Jadi, apa yang Anda lihat adalah apa yang sedang terjadi pada bisnis Anda.

Manfaat Menerapkan Manajemen Hubungan Pelanggan

Setelah membahas apa itu manajemen hubungan pelanggan dan bagaimana cara kerjanya, ini saat yang tepat untuk mempelajari manfaat dari menerapkannya. Penjelasan lebih lanjut dapat Anda simak pada paragraf di bawah ini.

Menciptakan Pelayanan Pelanggan Yang Lebih Baik

Untuk menyediakan pelayanan terbaik, kita perlu mengenal pelanggan kita dengan baik pula. Sebagaimana dibahas dalam cara kerja, sistem CRM menyimpan seluruh data dan informasi penting leads dan pelanggan dalam satu sistem terpusat, misalnya kontak, riwayat pembelian, hingga demografi. 

Melalui sistem tersebut, setiap karyawan yang membutuhkan dapat mengakses data dan informasi yang tersedia dengan mudah. Dengan demikian, mereka dapat lebih mengenal para pelanggan dan menentukan bagaimana menciptakan pelayanan yang terbaik untuk pelanggan.  

Meningkatkan Penjualan

Dengan CRM, Anda dapat menciptakan sederet tahapan penjualan yang dapat tim Anda jadikan acuan ketika bekerja. Ini akan membantu mereka tetap fokus pada aktivitas penjualannya. Ketika sebuah tahapan terselesaikan, tim penjualan Anda akan tahu apa yang harus mereka lakukan selanjutnya agar kesempatan yang ada tidak terlewat begitu saja. 

Selain itu, manajemen hubungan pelanggan membuat tim Anda mengerti produk apa saja yang paling sering dibeli oleh setiap pelanggan melalui riwayat pembelian. Dengan data tersebut, Anda bisa coba menawarkan produk sejenis sehingga berpotensi untuk meningkatkan penjualan perusahaan Anda.

Membantu Anda Mengelompokkan Pelanggan

Daftar kontak pelanggan yang Anda miliki perlu diatur dengan baik sehingga mudah untuk dicari dan digunakan. Untuk mengatasinya, CRM memungkinan Anda memberikan kategori tertentu pada setiap kontak yang ada dalam sistemnya. Jadi, ketika akan berkomunikasi dengan mereka, Anda dapat menyortirnya sesuai dengan kategori yang telah Anda buat. 

Memudahkan Proses Analisis

Tanpa manajemen hubungan pelanggan, Anda perlu lebih banyak waktu ketika hendak menganalisis data penjualan. Sebab, Anda harus menunggu tim Anda mengumpulkan data, menyusunnya ke dalam laporan, hingga akhirnya dapat melaporkannya. Dengan adanya CRM, Anda dapat melakukan analisis data kapan saja secara cepat karena laporan akan otomatis muncul setelah Anda memasukkan setiap data yang ada ke dalam sistem. 

Artikel terkait: CRM Arvis: Solusi Instan Ciptakan Laporan Bisnis Anda

Membantu Anda Memahami Keinginan Dan Keluhan Pelanggan

Untuk memiliki hubungan yang baik dengan pelanggan, Anda juga harus mendengar keinginan dan keluhan mereka. Dengan adanya manajemen hubungan pelanggan, Anda dapat mencatat keluhan atau keinginan yang mereka sampaikan terkait produk yang Anda tawarkan. Setelah itu, Anda dapat segera mencari cara untuk mengatasinya sehingga pelanggan merasa puas dan tak segan untuk terus melakukan retensi.  

Memudahkan Dalam Memprediksi Penjualan 

Ketika menjalankan bisnis, Anda juga perlu melihat bagaimana performa bisnis Anda pada periode sebelumnya dan merumuskan strategi baru untuk periode berikutnya. Dengan adanya laporan penjualan otomatis pada sistem manajemen hubungan pelanggan, Anda dapat melihat bagaimana tren penjualan perusahaan Anda ke depannya saat sebuah strategi diterapkan. Berdasarkan prediksi tersebut, Anda bisa menyesuaikan berbagai komponen dalam strategi Anda sehingga tujuan dapat tercapai. 

Artikel terkait: 5 Cara Membuat Laporan Penjualan Yang Mudah Diaplikasikan

Memperlancar Komunikasi Antar Anggota Tim

Manajemen hubungan pelanggan juga membekali dirinya dengan fitur task yang memungkinkan Anda untuk mengirim  catatan atau pengingat beserta batas waktunya kepada setiap anggota tim. Ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas berkomunikasi. Akhirnya, setiap pekerjaan dapat diselesaikan dengan maksimal. Selain itu, fitur ini juga dapat meminimalisir kemungkinan terlewatnya sebuah pekerjaan. 

Demikian pembahasan terkait manajemen hubungan pelanggan yang dapat Anda simak, mulai dari pengertian, cara kerja, hingga sejumlah manfaat yang akan Anda dapatkan ketika menerapkan sistem ini pada bisnis Anda. Singkatnya, setiap pelanggan memiliki karakteristiknya masing-masing sehingga Anda tidak bisa memperlakukan mereka dengan cara yang sama. Karenanya, Anda perlu memiliki sistem manajemen hubungan pelanggan yang baik. 

Rekomendasi Manajemen Hubungan Pelanggan (CRM) Untuk Bisnis Anda

Manajemen Hubungan Pelanggan (CRM) Arvis
Tampilan CRM Arvis

Berbicara tentang manajemen hubungan pelanggan, Anda perlu mempertimbangkan CRM milik Arvis sebagai solusi untuk membantu bisnis Anda. Dengan CRM Arvis, Anda dapat memantau berbagai laporan bisnis secara real time pada dashboard sistemnya. Tak perlu khawatir sulit membaca data laporan yang ada, CRM Arvis sudah menggunakan visualisasi data yang mudah dipahami. Selain itu pada sistemnya, Anda bisa membuat catatan atau penugasan untuk setiap anggota tim dengan praktis. 

Artikel terkait: Pentingnya Visualisasi Data Penjualan Bagi Bisnis Anda

Tertarik untuk mencobanya? Untuk informasi lengkap terkait CRM Arvis, Anda dapat berkomunikasi bersama kami melalui nomor WhatsApp ini atau melalui isian formulir di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *