Penggunaan Mobile Apps untuk Bisnis, Ini Keuntungannya

Penggunaan Mobile Apps untuk Bisnis, Ini Keuntungannya

Munculnya teknologi berupa mobile apps atau aplikasi seluler cukup menggemparkan pengguna smartphone. Mobile apps mengubah cara banyak orang menjalani hidupnya, termasuk dalam melakukan bisnis. Mobile apps untuk bisnis memudahkan pelaku bisnis untuk menjalankan bisnisnya dari mana saja dan kapan saja.

Fokus Insight Arvis kali ini akan memberikan Anda gambaran bagaimana mobile apps dapat meningkatkan proses bisnis. Cari tahu juga berbagai macam keuntungan penggunaannya, terutama untuk bisnis, dengan membaca penjelasan lengkap di bawah ini.

Mobile Apps untuk Proses Bisnis

Apapun proses bisnis yang Anda jalankan saat ini, ternyata Anda dapat meningkatkannya dengan menggunakan mobile apps atau aplikasi seluler. Secara umum, ada dua jenis proses bisnis yang dapat ditingkatkan dengan mobile apps, yaitu proses bisnis internal dan eksternal.

Proses bisnis internal biasanya mencakup semua hal yang terjadi di dalam bisnis Anda seperti sumber daya manusia, perekrutan, komunikasi internal, manajemen keuangan, pelatihan karyawan, dan manajemen staf. Sedangkan proses bisnis eksternal berkaitan langsung dengan pelanggan, seperti penjualan, pemasaran, membangun loyalitas, dan komunikasi.

Baik itu proses bisnis internal dan eksternal, keduanya dapat ditingkatkan dengan penggunaan mobile apps. Aplikasi ini bisa membantu Anda untuk mengoptimalkan operasi bisnis yang sedang Anda jalankan, sehingga Anda dapat memberikan layanan yang maksimal kepada pelanggan dan tentunya juga menghasilkan pendapatan.

Keuntungan Penggunaan Mobile Apps untuk Bisnis

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika Anda menerapkan penggunaan mobile apps untuk bisnis Anda. Mari kita lihat apa saja yang bisa Anda capai dengan mobile apps ketika Anda mengintegrasikannya ke dalam proses bisnis Anda.

Keuntungan dari sisi eksternal:

1. Meningkatkan keterlibatan pelanggan (customer engagement)

Mobile apps bisa meningkatkan keterlibatan pelanggan dengan bisnis Anda. Ini merupakan cara baru untuk terhubung langsung dengan pelanggan. Misal, Anda mempunyai mobile apps untuk menjual produk peralatan dapur. Anda dapat melibatkan pelanggan dengan menambahkan konten video resep masakan dimana pelanggan dapat berpartisipasi di dalamnya.

2. Membuka akses ke pasar baru (new markets)

Penggunaan mobile apps berarti Anda mempunyai kesempatan lebih besar untuk menjangkau pasar baru dan pelanggan baru. Milenial dan generasi X adalah pengguna smartphone terbanyak saat ini yang sering menggunakan mobile apps untuk menemukan produk, melakukan pembelian, dan mencari layanan. Anda bisa menjadikan mereka sebagai new markets lewat mobile apps yang bisnis Anda miliki.

3. Membangun pelanggan setia

Pengguna mobile apps biasanya menjadi pelanggan setia Anda. Jika Anda mempunyai mobile apps yang interaktif dan sering melibatkan pengguna untuk menggunakannya, maka kemungkinan Anda mendapatkan pelanggan setia akan lebih besar. Push notification pada mobile apps merupakan salah satu cara komunikasi yang efektif dengan pelanggan.

4. Mengumpulkan data berharga tentang pelanggan

Mengapa Anda membutuhkan data tentang pelanggan? Ketika Anda mengetahui data pelanggan berdasarkan informasi yang mereka input ke dalam mobile apps, Anda bisa membagi pelanggan Anda menjadi beberapa segmen berdasarkan demografi, perilaku, dan preferensi. Tentunya akan lebih mudah untuk memasarkan layanan atau produk kepada pelanggan yang memang memiliki minat pada layanan atau produk tersebut.

5. Memberikan dukungan pelanggan yang lebih baik (customer support)

Dengan penggunaan mobile apps, pelanggan Anda dapat berbagi kendala yang mereka hadapi dan mendapatkan solusi untuk menyelesaikannya dengan mudah dimana saja dan kapan saja. Customer support seperti chatbot merupakan salah satu fitur pada mobile apps yang bisa ditambahkan untuk meningkatkan dukungan pelanggan.

Itulah beberapa keuntungan penggunaan mobile apps untuk bisnis dari sisi eksternal, lalu apa saja keuntungannya dari sisi internal?

Keuntungan dari sisi internal:

1. Membuat internal komunikasi menjadi lebih efektif

Ketika Anda menggunakan mobile apps untuk bisnis Anda secara internal, Anda dapat berkolaborasi dengan mitra dan kolega dengan mudah dalam berkirim dokumen, bertukar pikiran, dan mengatur alur kerja dari mana saja dan kapan saja. 

2. Meningkatkan produktivitas karyawan

Keuntungan penggunaan mobile apps yang tidak kalah pentingnya untuk bisnis Anda yaitu meningkatkan produktivitas karyawan. Aplikasi ini memungkinkan semua karyawan menyelesaikan tugas lebih cepat dengan bantuan otomatisasi dan akses bersama yang tersedia.

3. Mengelola staf secara lebih efektif

Tentunya akan sangat sulit untuk mengatur banyaknya tugas yang memiliki perbedaan dalam pengelolaannya seperti proyek klien, pemasaran, keuangan, dan penjualan. Nah, penggunaan mobile apps bisa menjadi solusi untuk mengelola staf dan mengatur setiap tugas yang mereka lakukan dengan lebih tertata.

4. Mengelola dan mengatur lingkungan kerja

Mobile apps sangat berguna untuk mengelola dan mengatur lingkungan kerja, seperti mengatur dan melacak inventaris. Misalnya, dengan mobile apps, karyawan dapat memesan meja atau ruang konferensi untuk periode tertentu, sehingga mereka dapat mengatur kebutuhan untuk bekerja dan berkomunikasi dengan mudah.

5. Menghemat biaya pemasaran (marketing campaigns)

Keuntungan lainnya menggunakan mobile apps adalah menghemat biaya pemasaran. Melalui mobile apps, Anda bisa dengan mudah menambahkan iklan layanan atau produk baru yang sedang Anda luncurkan, atau menginformasikan adanya promo atau diskon ke pelanggan Anda.

Artikel Terkait: Apa Itu Mobile Apps? Ini Dia Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Bangun dan Kembangkan Mobile Apps Bersama Arvis, Technology Partner Terbaik Anda!

Anda sekarang sudah mengetahui keuntungan menggunakan mobile apps, baik itu dari sisi internal maupun eksternal untuk bisnis Anda. Aplikasi web atau aplikasi seluler memiliki keuntungan yang sama untuk meningkatkan proses bisnis. Namun, mobile apps memiliki peran yang berbeda karena aplikasi ini merupakan aplikasi yang ada di dalam smartphone, device yang hampir selalu setiap hari dibawa oleh penggunanya.

Jika Anda belum memiliki mobile apps dan ingin membangun sebuah mobile apps untuk meningkatkan proses bisnis Anda, Arvis bisa menjadi technology partner terbaik Anda. Arvis memiliki layanan pengembang software yang dapat membantu Anda membangun dan mengembangkan sistem atau aplikasi sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Cari tahu lebih jauh tentang layanan pengembang software dari arvis dengan menghubungi tim Arvis lewat nomor WhatsApp berikut ini. Cek juga keberhasilan Arvis dalam membantu banyak pelaku bisnis dalam mengembangkan aplikasi atau sistem sesuai kebutuhan mereka pada halaman success story. Bangun dan kembangkan mobile apps bersama Arvis, Technology Partner terbaik Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *