Tingkatkan Konversi Dengan Website Mobile Friendly, Apa Itu?

Tingkatkan Konversi Dengan Website Mobile Friendly, Apa Itu

Tak sedikit pengunjung website mengeluhkan tampilan websitenya ketika diakses melalui smartphone. Keluhan ini muncul akibat besarnya tulisan yang ditampilkan, tidak berfungsinya tombol-tombol yang tersedia, hingga terpotongnya tampilan konten. Untuk mengatasinya, pemilik website perlu membuat laman webnya menjadi mobile-friendly. Website mobile-friendly adalah website yang didesain untuk bekerja secara optimal pada perangkat dengan layar kecil seperti handphone dan layar sedang seperti tab atau tablet. 

Langkah ini patut Anda prioritaskan pada website Anda mengingat sebagian besar website di dunia diakses melalui perangkat seluler. Data tersebut diungkapkan dalam hasil survei yang ada pada laman Statista. Bisa jadi, sekarang Anda juga sedang mengakses website ini melalui perangkat mobile Anda. Ini berarti, jika Anda selaku pemilik website tidak bergegas membuat website mobile-friendly, maka Anda akan kehilangan sebagian besar pengunjung atau bahkan lead Anda. 

Benefit Membuat Website Mobile-friendly

Membuat website menjadi mobile-friendly, tidak akan membuat Anda rugi. Sebab, ada sejumlah keuntungan yang dapat bisnis Anda rasakan dengan menerapkan hal ini. Untuk memahami masing-masing keuntungannya, simak penjelasan berikut.

  • Memperluas jangkauan pengunjung: Ketika website Anda dapat diakses melalui berbagai perangkat, maka akan ada lebih banyak pengunjung yang datang ke website Anda. Sebab, website mobile-friendly tidak membatasi siapa saja yang dapat mengaksesnya. Coba bandingkan dengan website standar. Pengunjung dari website ini akan jauh lebih sedikit karena pengaksesnya hanyalah mereka yang menggunakan perangkat komputer.  
  • Meningkatkan pengalaman pengguna: Website yang mobile-friendly membuat pengunjung nyaman untuk membaca setiap konten yang ada di dalamnya. Sebab, mereka tidak lagi mengalami kendala tulisan yang terlalu besar, terpotongnya tampilan konten, mau pun kesulitan melakukan navigasi pada perangkat mobile-nya sebagaimana terjadi pada website standar. 
  • Meningkatkan konversi: Semakin nyaman pengunjung berada di dalam website Anda, maka semakin jauh pula mereka menelusuri isinya. Ketika hal ini terjadi, maka kesempatan produk Anda untuk dilirik juga akan semakin besar. Lalu Jika semakin banyak orang yang merasa nyaman mengakses website Anda, maka tingkat konversi juga berpotensi mengalami peningkatan. Jadi, sudahkah Anda tertarik untuk membuat website mobile-friendly Anda?

Artikel terkait: 5 Rahasia Kelola Sales Lead B2B Agar Konversi Meningkat

Tips Membuat Website Anda Menjadi Mobile-friendly

Setelah memahami pengertian dan manfaat dari membuat website mobile-friendly, ini saatnya untuk mempraktikkan tips membuatnya. Oleh karena itu, simak tips berikut hingga usai agar tidak ada satu informasi pun yang Anda lewatkan.

Gunakan Desain Website Yang Responsif

Untuk membuat tampilan website Anda nyaman diakses dari berbagai perangkat, Anda perlu menggunakan desain web jenis ini. Secara umum, desain website responsif ialah desain website yang secara otomatis dapat menyesuaikan tampilannya terhadap ukuran layar dari perangkat pengaksesnya, mulai dari ukuran huruf, gambar, hingga tata letaknya. Dengan desain ini, Anda tidak perlu membuat dua jenis website terpisah untuk desktop dan juga mobile. 

Artikel terkait: Website B2B: Pengertian, Ciri Khas, dan Contohnya

Pikirkan Baik-Baik Jika Ingin Menggunakan Pop Up

Menampilkan menu pop up penawaran pada website merupakan salah satu strategi penjualan yang sah-sah saja dilakukan. Namun seringkali, ini menimbulkan masalah bagi pengunjung website Anda, terutama mereka yang mengakses website melalui smartphone. Sebab, terkadang tombol x yang digunakan untuk menutup menunya tidak terlihat dengan jelas. Hasilnya, pengunjung pun merasa terganggu ketika melakukan aktivitas di dalam website Anda. 

Untuk mengatasinya, Anda bisa memunculkan menu pop up hanya ketika pengunjung telah men-scroll halaman website Anda ke bagian bawah sekitar 70% hingga 80%. Dengan begitu, mereka jadi lebih siap untuk melihat menu pop up Anda karena telah mencerna sebagian besar informasi dari konten yang dibaca. Lebih lanjut, Anda juga harus mengoptimalkan desain pop up Anda sehingga tampilannya sesuai dengan perangkat yang digunakan pengunjung. Fungsinya, untuk mencegah hilangnya tombol x yang sebelumnya dikeluhkan pengunjung. 

Pertimbangkan Ukuran Tombol dan Huruf Pada Website Anda

Berbeda dengan perangkat komputer atau desktop, perangkat mobile memiliki ukuran layar yang terbatas. Ini berakibat pada sulitnya mengklik tombol-tombol yang ukurannya terlalu kecil. Oleh karena itu, Anda perlu membuat ukuran tombol website Anda, baik tombol navigasi mau pun tombol call to action menjadi lebih besar sehingga dapat diklik dengan mudah oleh pengunjung yang mengakses melalui smartphone

Sama halnya dengan tombol, Anda juga perlu berhati-hati dalam memilih jenis huruf atau font beserta ukurannya. Agar konten Anda mudah dipahami pengunjung, hindarilah font dengan bentuk yang rumit. Selain itu, tingkatkan ukuran font pada website Anda hingga dapat dibaca dengan jelas melalui perangkat mobile.

Perhatikan Kecepatan Website Anda

Setiap website, baik standar mau pun mobile-friendly perlu memiliki kecepatan yang baik. Sebab, semakin lama sebuah website terbuka, maka semakin tinggi juga kemungkinan pengunjung untuk meninggalkannya. Oleh karena itu, Anda perlu merumuskan beberapa cara untuk mengoptimalkan kinerja website bersama dengan developer Anda. Salah satu caranya adalah mengurangi ukuran gambar pada website Anda sehingga proses membuka website menjadi lebih ringan. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan apakah gambar tersebut dapat ditampilkan dengan baik pada perangkat mobile pengunjung atau sebaliknya.

Pilihlah Menu Navigasi Yang Mudah Dipahami

Agar mudah dimengerti pengguna perangkat mobile, menu navigasi haruslah sederhana. Maka dari itu, hindari membuat navigasi dengan banyak fungsi di dalamnya. Salah satu menu navigasi yang cocok untuk website mobile-friendly adalah menu navigasi hamburger. Secara tampilan, menu-menu yang ada pada navigasi ini akan muncul setelah tombol dengan tiga garis bertumpuk Anda klik. Selanjutnya, menu yang ada di dalamnya akan tersusun berurutan ke bawah pada sisi kanan atau kiri website. 

Artikel terkait: Navigasi Website: Solusi Cerdas Buat Pengunjung Betah

Aturlah Jarak Antar Tombol Pada Website Anda

Ingatlah bahwa pengunjung website mobile-friendly menggunakan jari mereka untuk mengklik sebuah tombol. Jika Anda meletakkan beberapa tombol dengan jarak yang terlalu dekat, bisa dipastikan bahwa pengunjung akan mengalami kesalahan klik. Pada akhirnya, kesalahan tersebut menimbulkan pengalaman yang kurang menyenangkan bagi pengunjung website. Oleh karena itu, sesuaikan kembali jarak penataan setiap tombol yang ada pada website Anda.

Lakukan Pengujian Website Mobile-friendly Anda Pada Perangkat Mobile

Ketika selesai dibuat, ujilah website mobile-friendly Anda pada beberapa perangkat mobile dengan sistem operasi yang berbeda, misalnya IOS dan Android serta pada perangkat dengan ukuran layar yang berbeda juga seperti smartphone dan tab. Setelah itu, pastikan masing-masing perangkat dapat menampilkan website dengan baik. Mintalah beberapa karyawan Anda untuk membantu dalam proses pengujian ini dan kumpulkan masukan yang mereka berikan. Masukan tersebut akan membuat proses pengembangan website mobile-friendly Anda jauh lebih maksimal.    

Artikel terkait: Tips Memilih Pengembang Website Terbaik Untuk Bisnis Anda

Gunakan Google Analytic

Setelah website Anda berubah menjadi mobile-friendly, lakukan analisis secara berkala agar performanya tetap baik. Ini dapat Anda lakukan dengan memasang Google Analytics pada website Anda. Teknologi milik Google ini akan membantu Anda untuk memantau aktivitas yang pengunjung lakukan pada website Anda, termasuk apa saja menu yang diklik, berapa lama mereka berada pada website Anda, mau pun perangkat apa yang mereka gunakan. Dari kumpulan data yang disajikan, Anda dapat melakukan analisis apakah website Anda berjalan baik pada perangkat mobile atau sebaliknya. Jika belum, Anda dapat mengamati data yang dirasa janggal dan mencoba mencari tahu di mana letak permasalahannya 

Itulah beberapa informasi terkait website mobile-friendly yang dapat Anda pelajari. Intinya, Anda perlu memperhatikan bagaimana tampilan website Anda ketika diakses melalui berbagai perangkat, mulai dari desktop hingga mobile. Ketika website Anda mudah diakses oleh kedua perangkat, maka dampak baik akan datang pada bisnis Anda seperti meluasnya jangkauan pengunjung, meningkatnya kenyamanan pengunjung, dan naiknya angka konversi.  

Jika Anda perlu bantuan untuk membuat website menjadi mobile-friendly, tim IT profesional Arvis selalu siap membantu Anda. Agar semakin yakin untuk bekerja sama, Anda bisa mengakses cerita sukses kami di sini. Beri tahu kapan Anda ingin mulai membahas rencana pengembangan website melalui nomor WhatsApp ini atau isian formulir yang dapat Anda isi di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *